Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Baru : Tiktok Bakal Buka-bukaan, Kenapa video kita FYP

Kabar baik buat kita yang sering penasaran Kenapa video kita FYP. Dengan adanya fitur baru ini menurutku bisa meringankan beban kita untuk analisa, kenapa kok video bisa FYP. Jadi, TikTok bakal meluncurkan fitur baru yang akan memberi tahu pengguna mengapa video di FYP direkomendasikan untuk kamu.

"Sistem kami merekomendasikan konten dengan memeringkat video berdasarkan kombinasi faktor berdasarkan aktivitas Anda di aplikasi kami, termasuk menyesuaikan hal-hal yang menurut Anda tidak Anda minati," menurut posting blog TikTok .

"Tujuan kami adalah menyajikan berbagai konten yang relevan dan menghibur. Untuk membantu orang memahami mengapa video tertentu direkomendasikan kepada mereka, kami meluncurkan alat baru dalam beberapa minggu mendatang."


Fitur Baru : Tiktok Bakal Buka-bukaan, Kenapa video kita FYP. Sekarang jadi tidak sulit lagi analisis video FYP
Sekarang jadi tidak sulit lagi analisis video FYP

Lihat mengapa konten Tiktok direkomendasikan untuk Kamu

Kadang kita sering penasaran, kok video ini bisa muncul ya di FYP ku, lalu kenapa kok munculnya video-video kaya gini mulu, atau pernah ga kamu terpikir kok tiktok ini selalu bisa menampilkan video-video yang kita seneng terus.

Contohnya ada seorang bapak bertanya pada anaknya (ini case sedikit true story pengalamanku dengan bapakku), bapakku nanya kenapa di tiktoknya muncul video-video terkait olahraga, memancing, dan mobil? kenapa bisa persis dengan hobby bapak?

Nah itulah canggihnya Machine Learning Tiktok daripada sosial media lain. Tiktok dapat mempelajari dengan tepat apa yang kita sukai melalui video yang kita tonton hingga selesai atau ditonton berulang. Tiktok menggunakan metode A/B Testing untuk terus berusaha menampilkan video-video (yang mereka anggap) serupa untukmu dengan harapan mendapatkan feedback signal berupa interaksi atau kamu tonton hingga selesai.

Feedback Signal itu tadi yang mereka jadikan dasar penilaian mereka. Mereka ini siapa? Machine Learning atau yang biasa kita sebut sebagai algoritma tiktok. Algoritma tidak hanya bertugas menghadirkan, merekomendasikan, atau memunculkan video ke halaman FYP pengguna lain, namun juga berusaha mengenali video yang kamu unggah ke platform tiktok.

Dalam tulisan berbayarku yang berjudul "Pendalaman Meta Tiktok : Rahasia Dibalik Mesin Pintar FYP" yang diunggah di Karyakarsa, aku udah menjelaskan bagaimana dan apa saja yang membuat tiktok dapat mengenali video-video kita.

Data apa saja yang dikumpulkan oleh Tiktok melalui kita?
  • Video yang kamu tonton dan Tonton Ulang
  • Video yang kamu Komentari
  • Irama Keyboard saat kamu ngetik (apakah sedang marah/kesal atau santai)
  • Handphonemu dan Lokasimu
  • Data dari Papan Clipboard
  • Private messages dan contacts
  • Informasi-informasi penting lain yang kamu tulis ketika mendaftar
  • Informasi dari akun sosial media yang kamu hubungkan ke Tiktok.

Bagaimana TikTok merekomendasikan video FYP #ForYouPage

Sistem rekomendasi atau Algoritma ada di sekitar kita. Mereka mendukung banyak layanan yang digunakan oleh Tiktok dan disukai setiap hari. Dari belanja (keranjang kuning), streaming, hingga mesin pencarian, sistem rekomendasi dirancang untuk membantu orang mendapatkan pengalaman yang lebih dipersonalisasi, sesuai dengan apa yang kamu suka, FYP setiap orang bisa berbeda.

Secara umum, sistem ini menyarankan konten setelah mempertimbangkan preferensi pengguna seperti yang diungkapkan melalui interaksi dengan aplikasi, seperti memposting komentar atau mengikuti akun. Sinyal ini membantu sistem rekomendasi mengukur konten yang kamu suka serta konten yang biasanya kamu lewati (skip).

Cara mengakses fitur baru rekomendasi konten Tiktok

Untuk membantu orang memahami mengapa video tertentu direkomendasikan kepada kita, Tiktok akan meluncurkan alat baru dalam beberapa minggu mendatang. Begini cara kerjanya:

  1. Buka salah satu video di Halaman For You, pencet icon share atau bagian yang ada disebelah kanan panel.
  2. Lalu, tekan icon tanda tanya yang bertuliskan "Why this video" atau "Kenapa video ini"

  3. dari sana, kamu bisa membaca dan bisa tau kenapa video itu direkomendasikan untukmu.

Faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh sistem rekomendasi Tiktok?

FYP didukung oleh sistem rekomendasi yang memberikan saran video yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna. Rekomendasi ini bergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

  • Interaksi pengguna, termasuk video yang kamu sukai atau bagikan, akun yang kamu ikuti, komentar yang kamu posting, dan video yang kamu buat.
  • Informasi video, seperti teks, suara, dan tagar.
  • Setelan perangkat dan akun, seperti preferensi bahasa, setelan negara, dan jenis perangkatmu.
Semua faktor tersebut diproses oleh sistem rekomendasi TikTok dan dibobot berdasarkan nilainya. Misalnya, jika kamu udah selesai nonton sebuah video sampe habis, Nah itu adalah indikator kuat bahwa kamu tertarik. Video itu kemudian diberi peringkat untuk menentukan seberapa besar kemungkinan kamu bakal tertarik pada setiap video dan dikirimkan ke setiap FYP yang unik.

Keuntungan Fitur baru "Why this video"

Mungkin tiktok menampilkan fitur baru ini untuk sebuah "transparansi" yang dihadirkan untuk pengguna dan pastinya pengguna di Luar Negeri, karena di luar negeri pemerintah dan penggunanya cukup aktif dan kritis dalam melaporkan bahkan mempertanyakan kenapa sebuah video bisa muncul dan direkomendasikan ke FYP.

Sebagai contoh terdapat aturan dilarang menampilkan segala bentuk video tentang eksploitasi anak dibawah umur. Peraturan semacam ini hanya ditemukan pertama kali di US dan Eropa. di Indonesia? Bahkan data penting keamanan user seperti nomor induk kewarganegaraan saja bocor.

Oke Lanjut, Keuntungan Fitur baru "Why this Video" ini memudahkan kita untuk tau apa saja yang dapat mempengaruhi sebuah video bisa FYP. karena ini kan yang selama ini kita kejar sebagai konten kreator tiktok?

Sebagai contoh ini adalah salah satu akun tiktokku yang namanya @mamadkuntji, Selama beberapa bulan mengembangkan akun ini aku mendapatkan beberapa insight menarik untuk memulai sebuah akun tiktok dan mendapatkan formula penting yang dapat membuat video Pasti FYP.


Ada hal yang tidak bisa kita jelaskan yang bernama Moment, dan Moment ini bergantung pada Trend, dan Trend ini adalah hal dasar yang menggiring sebuah traffic dalam jumlah yang tinggi untuk mencari sebuah video berkaitan dengan trend tersebut.

Beberapa hal sisanya adalah bagaimana kamu bikin konten ini menarik dan dapat ditonton sampe habis oleh traffic yang tinggi itu tadi. Sebenarnya ada beberapa point lain lagi sih, tapi kayaknya lebih seru kalo dibikin workshop tiktok atau Online Course gitu kali ya? hehe~

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.