Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

#RamadhanBercerita - DAY 4 - Mempercantik Blog

Halo, selamat datang di #RamadhanBercerita sebuah program menulis intensif yang digagas oleh fariz dan didukung oleh anak-anak komunitas @StandupIndo_MLG. #RamadhanBercerita sudah memasukin hari yang ke 5. tetapi saya masih menulis untuk hari yang ke 4. asal tau aja, yang sekarang udah #RamadhanBercerita5 itu mereka golongan dakwah Muhammadiyah. hehehe becanda..

Banyak teman-teman @StandupIndo_MLG yang ikutan menyumbang tulisan dalam program ini, saya suka baca tulisan mereka, tapi ada sesuatu yang kurang menurut saya. yaitu tampilan blog. percaya tidak percaya, 20-40% kenyamanan membaca itu ditentukan oleh tampilan blog. iya sih tulisannya bagus, tapi kalo tampilan blog sudah tidak menarik, orang jadi enggan membacanya... karena menurut saya membaca itu juga ada moodnya.. kaya makan gitu, jadi kalau lihat blog tampilannya kaya jamban yang habis dipake orang tapi nggak disiram, ya jadi nggak mood baca.


Nah,kalau ngomong soal tampilan blog, hal ini mencakup banyak point. mulai dari kombinasi warna, tata letak, kombinasi font (typography), desain header, dan banyak lagi. usahakan desain blog itu nggak muluk-muluk (kan ada sendok dan garpu. #apaseh), nggak usah kebanyakan kolaborasi warna, biasaya 2-3 warna saja, biasa warna yang digunakan menggunakan kombinasi satu warna dasar yang dipetakan menjadi beberapa warna (mengambil gelap terangnya).



Nah, warna untuk tampilan yang anda bikin, harus juga seirama dengan warna font. supaya tulisan anda dapat terbaca, biasanya kita tinggal mencocokan dengan background  blog saja. kalau warna di background itu jatuhnya warna terang, maka font kita harus warna gelap supaya kelihatan, dan begitu juga sebaliknya, kalau jatuhnya warna gelap, maka font kita harusnya warna terang. simple.

kalau ngomongin soal Font, maka nggak jauh-jauh dari yang namanya typography. typography dalam blog itu terbagi jadi macam-macam, misalnya pemilihan font, jarak antar font (dalam dunia perketikan kita kenal dengan sebutan line-spacing), lalu pengaturan paragraft, dan masih banyak lagi. Dalam kesempatan kali ini saya ingin membahas soal Pemilihan Kombinasi Font.

font mana yang dikombinasikan? 

font, judul dan font postingan.

berikut langsung aja saya kasih contoh kombinasi font yang menarik yang saya ambil dari blog
http://www.onextrapixel.com/2013/03/11/10-great-font-combinations-from-google-web-fonts/

Kombinasi antara font ABEEZEE AND GRAND HOTEL

Kombinasi antara Font RAMBLA AND SANCHEZ

Kombinasi antara font ROBOTO AND FJALLA ONE

Kombinasi font SINTONY AND LIBRE BASKERVILLE

semua font diatas bisa anda dapatkan di google fonts untuk cara pemasangan google font bisa anda cari di google juga. hahaha...

*sengaja saya carikan yang bahasa inggris, supaya keren aja.


nah, berikut ini saya akan bagikan blog-blog yang menyediakan template gratis yang pastinya sesuai dengan kebutuhan ngeblog anda. silahkan kakakkkk dipilih templatenya kakakkkkkkkk dicoba dulu boleh kakakakkkkk

udah di download???
kalau mau coba templatenya, silahkan baca artikel ini
yap, sekian #RamadhanBerceria yang ke 4 pada hari ini, semoga bisa meningkatkan kualitas ngeblog kalian. hehehe.. sampai jumpa di #RamadhanBercerita 5 JUPEEEEEEEE!!! (dada .red)

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.