Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Notes, Fitur Baru Instagram yang Mirip status BBM jaman dulu. Netizen : Jadi Nostalgia

Menjelang akhir 2022 Instagram sepertinya sedang dikejar "deadline", pada 14 Desember 2022 lalu anak perusahan Facebook yang tergabung dalam Meta ini baru saja merilis sebuah fitur baru yang menurutku penting gak penting sih.

Meski dikritik karena mencoba menyalin aplikasi lain, seperti TikTok, Instagram tidak berhenti meluncurkan fitur baru. Menurut Instagram, fitur ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat orang merasa lebih terhubung dengan teman.

Tampilan Instagram Notes

Apa itu Instagram Notes 

"Kami mulai meluncurkan Notes, cara baru untuk membagikan pemikiranmu dan melihat apa yang sedang dilakukan temanmu. Notes adalah postingan singkat berisi 60 karakter dengan menggunakan teks dan emoji." dikutip dari laman resmi Facebook.

Kurang lebih kalo dilihat sekilas fitur ini mirip sekali sama fitur status BBM jaman dulu. Bedanya mungkin UI di instagram lebih bagus dan ga menutup kemungkinan dikemudian hari bakalan ada update dimana kita bisa tau temen kita lagi play musik apa di Instagram Notes.

Perbandingan Tampilan UI BBM dan Instagram Notes
Instagram Notes dapat diakses melalui menu Direct Messages. Mirip seperti tampilan daftar Instagram Stories, foto teman-teman kita berjajar inline namun yang berbeda adalah terdapat semacam Bubble yang berisi tulisan disetiap foto teman kita. Apabila di tap muncul bottom sheet berisi Notes teman kita bersama dengan kolom reply dan juga 5 emoticon yang disediakan. lalu apabila kita membalas dan menekan kirim, maka secara otomatis membalas / mengomentari Notes yang mereka posting.

Hal yang menarik adalah menurut tim riset Meta, Selama mereka melakukan pengujian, mereka menemukan bahwa orang suka dengan cara yang ringan dan mudah untuk berbagi apa yang ada di pikiran mereka dan memulai percakapan. Mulai dari meminta rekomendasi hingga membagikan apa yang sedang mereka lakukan, oleh karena itu, Notes dihadirkan oleh instagram untuk memberi orang cara yang santai dan spontan untuk mengekspresikan diri dan terhubung satu sama lain.


Fungsi Instagram Notes

Kurang lebih tanpa membaca dan mengerti maksud dari Tim Meta menghadirkan fitur Notes ini, kita sudah bisa membayangkan bahwa fitur ini kurang lebih hanya membagikan pesan singkat yang unik dan menarik agar dapat dibalas oleh teman kita. Thats it.

Poin utamanya adalah meningkatkan Interaksi sesama user, dimana instagram stories udah mulai usang dan membosankan.

Ide menghadirkan Instagram Notes ini bisa dibilang seperti Coca-cola melakukan inovasi produk dengan menghadirkan Kemasan berisi nama yang Indonesia banget. Rasa Coca-cola tidak berubah, hanya kemasannya ada nama BUDI.

Apakah Instagram Notes juga bisa untuk Close Friend? 

Bisa, saat hendak memposting sebuah Notes, kita dapat memilih apakah akan mengirimnya hanya untuk close friend atau ke Semua orang yang kita follow back.

Apakah kedepannya Instagram Notes juga akan mengakomodir text lebih dari 60 karakter?

Bisa jadi, sih hanya saja saat aku nyoba fitur ini dengan text Lorem Ipsum, bubble Instagram Notes hanya dapat penampung kurang lebih total 33 Karakter saja, dimana 30 karakternya adalah text kita, lalu sisanya "..." yang menunjukan bahwa terdapat lanjutan text.

Namun setelah melakukan test dengan beragam kata-kata dapat disimpulkan bahwa Instagram Notes dibatasi hanya kurang dari 30 karakter saja.

Contoh Case penggunaan Instagram Notes
Instagram Notes hanya mampu menampilkan kurang dari 30 Karakter.

Apakah Instagram Notes sama seperti stories?

Kurang lebih sama sih, hanya model interaksinya yang berbeda sedikit. kalo Fitur Notes dia langsung muncul di halaman Messages, gunanya supaya bisa langsung berinteraksi di Chat. Jadi orang dari awal udah pengen berinteraksi dengan atau melalui Chat (micro moment).

Sedangkan Stories, bisa juga update stories dengan text namun orang melihat stories lebih kepada ingin tau kegiatan / cerita baru yang kamu bagikan melalui Video atau Gambar. Behaviour melihat stories lebih  ke killing time (menghabiskan waktu, biasanya lagi nunggu atau rebahan) untuk mencari kabar terbaru dari user lain.

Tidak menutup kemungkinan Kedepannya orang akan bisa membagikan lebih dari 1 Notes dalam waktu 24 jam.

Apakah ada kemungkinan kedepannya Instagram Notes akan terhubung dengan Stories?

Nah, ini mungkin saja. jadi tampilan instagram notes tidak lagi berada di Messages tapi ada di halaman depan dan apabila di klik fotonya kita akan dapat melihat stories, tapi kalo klik Bubble kita akan mereply notes.

Tapi hal ini kayaknya malah bikin bingung user. karena emang purposenya beda tapi masih tipis-tipis gitu.

Kira-kira kenapa ya Instagram Menghadirkan Fitur Notes?

Ada beberapa hal yang membuat Instagram merilis fitur Notes, ini dari sok taunya aku ya tentang dunia sosmed.

  • Interaksi user melalui Stories udah mulai berkurang.
    Seperti yang kita tau, Saling berinteraksi / engagement adalah kunci kesuksesan bermain social media. Bahkan algoritma mencatat itu.
  • Banyak user menyembunyikan fitur replies di Stories
    Hal seperti ini pada akhirnya membuat engagement berkurang dan menyebabkan interaksi turun
  • User jadi malas berlama-lama membuka Stories karena sudah banyak disusupi iklan.
    Tentu ini yang selalu aku khawatirkan, karena iklan apabila kita sudah tercatat berinteraksi / menonton sebuah iklan stories hingga selesai maka dengan otomatis produk serupa akan mulai menghantui kita di stories. Hal ini mungkin membuat user membutuhkan cara interaksi baru yang lebih simple.
  • User malas Update stories karena tidak ada yang menarik untuk dibagikan.
    Instagram saat ini menjelma menjadi sebuah platform "pamer" paling populer di Indonesia atau mungkin di dunia. Tidak jarang kebiasaan user mulai bergeser dari yang awalnya hanya sekedar membagikan cerita, kini untuk mendapat banyak like orang harus mempamerkan sesuatu yang lebih menarik.
  • User malas kalo harus edit Stories
    Ya, sekarang ada tuntutan bikin stories harus artsy, bikin stories harus Aesthetic. Mungkin banyak juga user yang malas kayak aku. Males Effort hanya untuk update sosial media.
  • Instagram Stories, Feed, dan Reels sudah membosankan.
    Aku juga ngerasain itu sih, sepertinya ini udah tidak perlu dijelaskan

Kekurangan Instagram Notes

Notes hadir bukan tanpa kekurangan, bisa saja ini adalah produk MVP Instagram, dirilis ke publik untuk mendapatkan feedback dari user. Ya, tapi aku menemukan beberapa kekurangan.

  • Tidak lebih baik dari Twitter
    Sebagai pengguna sosial media sejak 2009 aku selalu menuliskan random thought di Twitter, dan aku merasa gak perlu menarik perhatian orang lain dengan menuliskan pikiran singkat di Notes. apalagi yang terpotong setelah 30 karakter.
  • Tidak bisa mention orang lain
    Mention itu fitur wajib ada di platform berinteraksi saat ini, andai bisa diterapkan di Notes mungkin kita bisa heboh sendiri dengan teman sambil mention-mentionan di Notes.
  • Tidak notifikasinya
    Nah, ini. siapa tau kedepannya ada nih kalo kita bikin notes orang lain yang memilih untuk mendapatkan notifikasi dari Notes kita bisa mendapatkan notif. Karena mungkin bisa berguna untuk mengabarkan sesuatu di Bisnis, seperti Join Live misalnya.
  • Tidak bisa dibagikan ke orang lain
    Selain di Screencapture kita tidak bisa mengirim / membagikan Notes orang lain ke orang yang lainnya lagi. wah kalo main nomention sih kurang seru ya kalo ga ada cepunya.

Apakah Notes memengaruhi algoritma?

Jawaban singkatnya adalah tidak ada yang bisa memastikan kecuali Instagram. Tapi dari pengalaman sebelumnya, algoritma instagram ini selalu sulit dipahami dan selalu berubah, jadi pastikan kamu terus baca blog ini, siapa tau ada update terbaru hehe.

Jawaban panjangnya algoritma Instagram yang maha kuasa hanya memiliki satu Tuhan, yaitu Kita sendiri. Algoritma Instagram bekerja dengan cross-referencing content data. Instagram ingin menyajikan konten yang tepat kepada orang yang tepat. Jika berhasil, pengguna akan bertahan di aplikasi lebih lama, yang merupakan tujuan Instagram.

Bahkan Iklan aja udah Targeted lho.

Kesimpulan

14 Desember 2022 lalu instagram melakukan update fitur baru yang dinamai Notes. Sebuah fitur pesan sangat singkat yang mengajak user saling berinteraksi lebih banyak melalui fitur messages. Walaupun diklaim dapat menampilkan 60 karakter, nyatanya didalam UI Instagram ia hanya dapat menampilkan kurang dari 30 karakter. Apakah ini ada hubungannya dengan ukuran resolusi handphone kita? let's see...

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.