Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Nanti Kebakar!!!

Halo, sobat sekalian... hari ini aku lagi pengen cerita tentang masa kecil yang bahagia, masa dimana kita banyakan main daripada belajar. hahaha

cerita ini dimulai saat saya duduk dibangku kelas 3 SD (padahal saya kelas 6 SD, haha nggak ya...) jadi saya kelas 3 SD sering main-main sama anak-anak di kampung, kita nggak pandang bulu, lebat atau tipis kita nggak peduli yang penting kita hepi-hepi main bareng temen-temen. sangking deketnya, sampai-sampai saya pernah suatu kali nyamar jadi murid ngaji di Masjid Lokal kampung. saya belajar alif ba ta dan beberapa bacaan doa, seperti Al fatihah trus doa buka puasa, sekarang kalo ditanya, kayaknya udah lupa. hahaha


Hingga suatu hari ada Guru Ngaji yang baru, semenjak ganti guru ngaji, aku udah nggak pernah nyamar jadi murid ngaji lagi, karena jam ngajinya juga ganti, bentrokan sama jam pulang sekolah. Ternyata guru mengaji yang kali ini benar-benar berdampak pada anak-anak (teman-teman saya). cara pikir mereka berubah, budi mereka diperbaharui. Keren banget pokoknya. 

Kerennya kayak gini, mereka (temen-temen saya) nggak ngijinin saya main kerumah mereka, cuman karena kata Bapak Haji nama disamarkan (guru ngaji yang baru) "Orang Kristen kalo denger Baca'an ayat Al-Quran kupingnya bisa kebakar". 

Teman : Eh, kamu jangan main kerumahku!
Aku : Lah, kenapa ?
Teman : di rumahku banyak ayat-ayat Al-Quran (Kaligrafi)
Aku : Lho, terus kenapa emangnya?
Teman : kata Pak Haji nama disamarkan (guru ngaji yang baru) nanti kamu bisa kebakar.
Aku : hah? *nggak percaya* udahlah aku masuk aja gpp.
Teman : yaudah....
Aku & Teman : *masuk dan duduk di ruang tamu*
Teman : kamu nggak kepanasan,nang ?
Aku : Iya, ini agak panas.. (kebetulan saat itu siang hari di musim kemarau)
Teman : eh! Buruan keluar,nang! nanti kamu kebakarrrr *dijorokin keluar*

ya, intinya dari percakapan tadi, temen saya itu orangnya setia kawan.. dia itu peduli banget sama saya, dia cuman gak pengen temennya yang Kristen ini mati kebakar gara-gara kaligrafi Arab. #tissuemanatissue

Anak-anak yang agamanya minoritas, dianggap sebagai Allien. sekarang bukan hanya Orang Kristen yang telinganya kebakar gara-gara dengerin Al-Quran, tapi semua agama, selain Agama Islam. hmmmm....

Ya, semenjak ganti guru ngaji itu, temen-temen saya di kampung suka iseng. kalo kita abis lari-lari main kejar-kejaran atau petak umpet, biasanya saya duduk, istirahat... tiba-tiba dari belakang ada teman saya, sedang melakukan hal yang sangat berfaedah, yaitu bisikin telinga saya pake doa-doa atau ayat Al-Quran hafalan... pas didepan telinga saya.  karna kaget, sontak saya menyingkir sambil pegang telinga, kan kalo dibisikin persis didepan telinga rasanya geli-geli gimana gitu yak... eh, temen saya itu malah bilang gini "hayoooo... kepanasan yaaa... HAHAHAHAHAHA (tertawa terbahak-bahak)".

Hari-hari berlalu, berbulan-bulan setelah kejadian itu, temen-temen mulai sadar, karena guru ngaji yang baru tadi ada urusan yg dirahasiakan, trus diganti sama guru ngaji dari kampung sendiri, temen-temen kampung jadi sadar, bahwa apa yang diajarkan oleh guru yang terdahulu itu salah... mereka kini nggak lagi menganggap bahwa kalo denger ayat kursi maka orang Kristen badannya bakalan kepanasan. hahaha nggak lagi..

Dengan pengajaran yang baru ini mereka jadi semangat bertausiah, karna saat itu lagi jaman yang namanya Dai Cilik di Lativi. mereka udah nggak lagi bisikin telingaku dengan ayat hafalan Al-Quran atau doa-doa, hal itu sudah berubah.. kini mereka bisikinnya Kalimat Syahadat. hehehehe, tapi cuman becanda... kita makin terbuka antar pemeluk agama, suasana kampung jadi berubah atau kembali seperti semua, mereka nggak lagi menganggap teman-teman yang berbeda agama sebagai allien. Kampungku jadi solid karena generasi mudanya sudah menerapkan Pluralisme, Rasa saling menghormati antar agama..

ya, inilah harusnya kita. UNITY IN DIVERSITY bukan hanya Agama, tapi juga Suku dan Ras. Indonesia itu Bhineka Tunggal Ika, Berbeda-beda tapi tetap satu.

- indonesia -


Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.