Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Google RankBrain menentukan Ranking #1 untuk websitemu



Butuh waktu lama ya, untuk menerbitkan artikel ini. maaf sebelumnya, karena akhir-akhir ini sedang meningkatkan performa blog dengan membuat tema baru yang disesuaikan sama kebutuhan pembaca hehe. Baik, mari kita bahas Gimana RankBrain menentukan Rangking #1 untuk sebuah website dalam kata kunci

Sebelumnya aku harap kamu udah baca beberapa artikel yang aku buat soal SEO dan Google Rankbrain sebelumnya ya. kalau belum, coba baca dulu sebelum melanjutkan membaca.

Google RankBrain dapat memahami Kata Kunci


Iya, Hal ini udah aku bahas di artikel Google RankBrain : Bagaimana Cara Kerjanya. intinya adalah, Algoritma baru Google ini yang disebut sebagai RankBrain memberikan kemampuan kepada Sistem untuk menentukan apakah maksud dibalik sebuah keyword yang di tuliskan oleh Pencari.

Tapi pertanyaan besarnya adalah:

Setelah RankBrain menampilkan serangkaian hasil, bagaimana cara mengetahui apakah hasilnya bagus?

Nah, yang dilakukan RankBrain sebenarnya adalah mengamati.



Dengan kata lain, RankBrain awalnya menunjukan ke user sekumpulan hasil pencarian yang menurut mereka bakal kamu sukai. Jika banyak orang menyukai satu halaman tertentu dalam hasil, mereka akan memberi halaman tersebut PushRank (Peningkatan Peringkat)

Kalo aku gasuka gimana dong kak? Secara Otomatis Google akan menurunkan rank halaman itu dan menggantinya dengan halaman yang berbeda. Dan pada saat seseorang mencari kata kunci tersebut (atau istilah yang serupa), mereka akan melihat bagaimana performanya. Bila mendapatkan hasil yang sama, maka google secara pasti terus menurunkan ranking dari sebuah website.

Kalo secara logika, terasa tidak mungkin ya cuman kalo kita sadar bahwa pengguna google udah lebih dari jutaan pengguna setiap menitnya, algoritma seperti ini terasa masuk akal juga sih. ya kan?

Lha, Terus darimana Google tau sebuah website disukai dan tidak disukai sama pencari?


Google RankBrain mencatat semua interaksi User didalam mesin pencari, seperti:

  • Organic Click-Through-Rate (Banyaknya Jumlah Klik pada sebuah website)

  • Dwell Time ( Lama User didalam sebuah website)

  • Bounce Rate ( Seberapa lama user masuk dan keluar pada Website)

  • Pogo-sticking (Seberapa banyak user bolak-balik ke halaman website)


Mari kita buat sebuah sebuah contoh kasus :



Kamu lagi main futsal nih sama temen-temen, eh sangking semangatnya otot ampe keram, ketarik gitu otomatis kamu carikan di google gimana mengatasi otot yang ketarik. kamu mulai ketikin keyword tersebut ke google.

Ilustrasi Google Rank Brain lanang.org blog seo

 

 

Seperti kebanyakan orang, Hasil pada baris pertama adalah yang kamu klik. Sayangnya, Artikel tersebut kebanyakan intro dan ga langsung to the point. kaya Diskripsi Kaki, diskripsi otot, dsb. pokoknya malesinlah ya websitenya :)

Jadi, kamu pencet tombol "Back" terus mencari lagi di situs yang ada di baris 2:

Ilustrasi SEO oleh lanang.org blog tentang seo

Website yang kedua malah isinya engga lebih baik, misalnya banyak banner iklan judi bola yang meresahkan daripada tips yang kamu cari. jadi kamu mulai menekan tombol "Back" di browser dan kamu tidak menyerah lantas memilih website ke # 3.

ilustrasi google rankbrain oleh lanang.org blog tentang seo

Bingo! Hasil ini SANGAT TEPAT seperti apa yang kamu cari.

Jadi kamu engga lagi menekan "Back", Kamu menghabiskan 5 menit membaca melalui halaman. Dan karena kamu mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda tidak mengunjungi kembali hasil pencarian.

Nah, kegiatan bolak-balik ini disebut "Pogo-sticking". Dan itu adalah sesuatu yang sangat diperhatikan RankBrain.

Jika Google mengetahui bahwa orang-orang dengan cepat meninggalkan sebuah halaman untuk mengklik pada hasil pencarian yang lain, maka secara gak langsung kamu sebagai user memberikan laporan kepada Google berupa keluhan. Dan itu di catat.

ilustrasi googlerank brain oleh Lanang.org

Dan jika Google mengetahui bahwa banyak orang BERHENTI pada satu website setelah beberapa waktu melakukan pogo-sticking pada hasil tertentu, mereka akan memberikan halaman tersebut PushRank untuk membuatnya lebih mudah ditemukan.



Oke, sampai sini bagaimana apa sudah ngerti Cara Google RankBrain menentukan Ranking #1 untuk websitemu? 

Kesimpulan


Pesan yang aku sampaikan tetep sama, berjuanglah untuk kualitas. jadi konten-konten yang sangat menarik user justru yang sedang diutamakan oleh google.

Engga kaget kalo sekarang banyak banget website-website dengan judul Click Bait, ditemukan dan juga dibeberapa media online judul yang clickbait tadi tidak sepenuhnya diulas dalam 1 (satu) artikel. Kadang User harus meng-klik halaman lain untuk pembahasan lebih lanjut.

Nah, ini salah satu tips sih gimana bikin user berlama-lama di website kita. Tapi nomor lain yang lebih penting setelah Kualitas adalah Konsistensi.

Jangan lupa kalau website yang disukai google adalah yang sering di update. #NoteToSelf :D

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.