Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Website

Dulu saat sebelum negara api menyerang, banyak customer memilih untuk datang ke toko fisik buat beli barang yang mereka mau, makanya banyak orang jaman dulu bikin bisnis toko serba ada atau one stop shopping. Jadi dulu Pengusaha mungkin banyak yang bertanya "Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Website?"

Jaman sudah berubah begitu cepat, kebiasaan pembeli pun kini juga sudah berubah. Kini hampir semua mode bisnis berusaha masuk ke jalur online, Terbukti, banyak E-Commerce baru bermunculan. Mulai dari yang punya Mode bisnis B2B, B2C, bahkan C2C. Soal E-Commerce akan coba aku jelasin next artikel ya.



Alasan Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Website

Mari Bahas Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Website


Sama halnya dengan promosi konvensional, website juga adalah bentuk promosi dan investasi dari bisnis. bedanya, yang ini promosi digital. yuk, temen-temen pebisnis yang belum punya budget promosi digital, segera alokasikan dana khusus untuk lini yang satu ini ya. Oke Cus, Berikut ini adalah Alasan Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Website.

1. Kesan Pertama Customer


Seperti pribahasa "tak kenal maka tak sayang", dalam hal ini tak kenal maka tak jadi beli. Simple, oleh karena itu sangatlah penting memiliki website yang efektif, untuk memberikan kesan pertama yang baik bagi calon pelangganmu. Dengan kata lain website dapat menentukan keputusan besar apakah customer akan membeli produk / bisnismu atau tidak.



Mungkin saat ini kamu mulai mengangguk-anggukan kepala dan berkata "Iya", "He'eh", "Hmmm", atau "Amin" dalam hati. Tapi sayangnya, Data yang saya temui berkata lain.
Berdasarkan survey terbaru yang dilakukan oleh Stancombe Research & Planning dan Deloitte Access Economics terhadap 437 UKM di Indonesia, diketahui baru sebanyak 37% UKM yang telah menggunakan teknologi digital dasar, meliputi situs jejaring standar dan informasi yang terbatas, bisnis yang terdaftar di direktori online dan portal informasi non-interaktif online lainnya.

Kurang dari 16% bisnis di Indonesia yang memiliki situs web sendiri, padahal hampir separuh penduduk sudah menggunakan Internet Sumber: Acara Google Untuk UKM, 2017

Apakah bisnismu termasuk bagian yang Mayoritas di Indonesia?

2.  Tempat calon pembeli melihat-lihat


Dalam bisnis, "menjebak" calon customer adalah hal yang wajar. Dalam konotasi yang positif menjebak artinya membuat calon customer tertarik dan terus kepo (pengen tau lebih banyak) tentang bisnis kita.

Sebuah website bisa di akses oleh pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Bahkan pelanggan tetap bisa dengan nyaman melihat produk dan jasamu ketika toko atau kantor offlinemu tutup.
Baca Juga : Inilah kehebatan Samsung S9 yang bakal bisa kamu nikmatin!

Bahkan kini teknologi Chat BOT (atau mesin penjawab otomatis) sedang sangat happening, dengan artian akan lebih effisien lagi karena pesanan akan dilayani secara otomatis oleh robot.


3. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas


Mau menjual Jasa maupun Produk, website akan selalu jadi tempat terbaik dan flexible untuk mempromosikan bisnismu. Jangankan website sendiri, bahkan kamu yang berniat memasarkan produk secara online melalui E-Commerce pun berpeluang mendapatkan Target Pasar yang lebih luas karena dapat dilihat oleh semua orang secara global.

Banyak perusahaan dan bisnis yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri melalui website yang mereka miliki. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengunjung website tidak hanya dari Indonesia, tetapi bisa juga dari luar negeri.

Bahkan blog ini saja sering mendapatkan kunjungan dari luar negeri, terbukti dari banyaknya komentar asing yang masuk ke blog ini dan 98.43% komentar yang masuk adalah spam dan sisanya adalah BOT yang mau nitip backlink. HAHAHA

4.  Bisa Jadi Kompetitor Bisnismu Sudah punya Website


Calon Konsumen biasanya memulai perjalananya bertransaksi online melalui kolom search sebuah mesin pencarian. Konsumen Zaman Now dapat membedakan dan membandingkan harga dan layanan dari sebuah bisnis dengan mengunjungi websitenya.

Persaingan tidak hanya di dalam website, tapi juga saat di halaman hasil pencarian Google. itulah kenapa penting sekali SEO dalam sebuah website.

Jadi kalo kamu engga mulai bersaing dari sekarang, maka ini adalah cela besar customer untuk memilih membeli barang di kompetitor.

5. Bisnismu Muncul dihalaman pencarian Google


Pertimbangkan ini. 81 persen konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian . Itu berarti mereka pergi ke Google dan mengetikkan satu atau lebih kata kunci , seperti "sepatu kulit terbaik" atau, jika mereka tahu apa yang mereka inginkan,  seperti "sepatu wanita kulit buatan Lokal di Ngantang."

Kalo kamu ngga punya situs web untuk bisnis, maka tidak ada kemungkinan orang menemukan bisnismu di Mesin Pencari. Tetapi kalo kamu punya situs, kamu bisa mengoptimalkannya untuk mesin pencari, sehingga meningkatkan peluangmu untuk muncul di bagian atas hasil Google dan mendapatkan lebih banyak visibilitas dengan calon pelanggan.
 

Kesimpulan


Kalau kamu belum membuat situs web untuk bisnismu, Kamu bisa mulai dengan membuat halaman di sosial media yang sifatnya gallery seperti Instagram / Facebook. kamu juga bisa menikmati layanan gratis dari website E-Commerce.

Berikutnya aku bakalan bahas tentang tips website efektif. materi ini juga adalah materi yang saya sampaikan pada kelas Google Gapura Digital, Kelas Siap Digital. 22 April 2018 di Vargo Kitchen Malang.

Ada Pertanyaan?

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.