Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Smartphone Pribumi, Emang Ada?

Smartphone Pribumi, Sebelum kita mulai artikelnya kita cari tau dulu apa arti kata Pribumi. Supaya kita satu presepsi dalam mengartikan hal ini.

Pribumi, orang asli, warga negara [...] asli atau penduduk asli adalah setiap orang yang lahir di suatu tempat, wilayah atau negara, dan menetap di sana dengan status orisinal, asli atau tulen (indigenious) sebagai kelompok etnis yang diakui sebagai suku bangsa bukan pendatang dari negeri lainnya. - Wikipedia

Dan istilah ini telah dicabut melalui Instruksi Presiden nomor 26 tahun 1998, Jadi sebaiknya tidak dipakai kembali supaya engga memunculkan kesan diskriminatif, karena sepertinya istilah pribumi sekarang udah mengarah ke SARA dan ramai diperdebatkan, misalnya saat mendengar pidato pelantikan Gubernur Baru Jakarta. Sebelumnya juga semua isu SARA dan diskriminatif banyak berceceran di timeline maupun broadcast chat menghiasi masa kampanye cagub dan cawagub. Namanya juga Politik ya...

Cukup! Mari Bahas Smartphone!


Orang Indonesia khususnya warganet dewasa ini suka banget dengan hal-hal yang berbau nasionalisme, tapi seberapa besarkah kita mengetahui tentang produk teknologi buatan asli Indonesia? Kaget engga sih kalo sebenarnya Indonesia sudah punya Smartphone Buatan Negeri Sendiri? ini dia Smartphone Asli Buatan Indonesia! Cekidot!

Digicoop


Smartphone yang dikembangkan oleh para peneliti dari Institut Teknologi Bandung ITB tersebut telah mendapatkan dukungan penuh oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Smartphone ini dikembangkan melalui skema pendanaan Kemristekdikti untuk mengembangkan dan menghilirisasi produk smartphone 4G.

[caption id="" align="aligncenter" width="777"]Digicoop Smartphone asli buatan indonesia lanangedan tech review Digicoop, Smartphone Asli Buatan Indonesia. [Via][/caption]Jangan heran gitu dong, bener kok smartphone ini sudah mengusung konektivitas 4G, layar 4,7 inci, prosesor quad-core 1,5 GHz, RAM 1 GB, kamera utama 5 megapiksel, kamera depan 2 megapiksel, memori penyimpanan internal 8 GB, mendukung OS Android 6.0 "Marshmallow", dual-SIM, dan baterai 1.800 MHz.

Tidak hanya sampai situ.

"Ponsel ini nantinya bakal punya prosesor octa-core, seperti ponsel mutakhir masa kini. RAM juga diperbesar, edisi menengah nanti pakai RAM 3 GB, sedangkan yang lebih mutakhir pakai RAM 6 GB" Ujar Ketua Bidang Perangkat Digital KDIM, Teguh Prasetya yang dilansir dari Kompas.com saat berbincang dengan sejumlah media usai peresmian produksi perdana Digicoop di Cikarang, Bekasi, Jumat (20/1/2017). Cukup menggiurkan ya, mari kita tunggu update berikutnya dari Digicoop.

Polytron


Produsen Elektronik yang biasa kita kenal lewat beragam produk seperti Televisi, Kulkas, AC, Speaker, Mesin Cuci, Rice Cooker ini ternyata juga memproduksi Smartphone loh. Pabrikan yang mulai didirikan pada 18 Mei 1975 di Kudus ini awalnya hanya memproduksi alat elektronik untuk kebutuhan rumah tangga saja, tapi kini telah berkembang pesat dan mulai merambah smartphone dan tablet. Pas aku cek websitenya ternyata banyak juga smartphone keluaran Polytron dan engga kalah canggih fiturnya sama smartphone-smartphone yang biasa kita kenal.

[caption id="" align="alignnone" width="1920"]Polytron ZAP 6 POSH, Smartphone Asli Buatan Indonesia lanangedan tech review Smartphone Pribumi Polytron, Smartphone Asli Buatan Indonesia [Via][/caption]Tidak memerlukan waktu yang lama untuk Polytron memasarkan produknya ke luar negeri, semisal produk terbarunya, Polytron Zap 6 Posh. Adapun negara yang paling banyak membeli produk ini adalah India. Harganya yang hanya 7.038 Rupee atau sekitar Rp 1,4 juta tentu akan sangat menggiurkan. Spesifikasi yang ditawarkan Polytron Zap 6 Posh cukup menggoda dengan mengusung layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kerapatan layar mencapai 294 ppii yang berteknologi IPS. Selain itu ponsel yang berjalan pada sistem operasi Android Lollipop ini telah dilengkapi dengan kamera sebesar 8MP. Ponsel ini juga mengandalkan dukungan chipset MediaTek MT6735A yang mengusung prosesor ARM Cortex-A53 Quad Core berkecepatan 1GHz yang didukung oleh memori RAM sebesar 2GB dan dipadukan dengan pengolah grafis Mali-T720MP2.

Mito


Kalau bicara soal perusahaan ponsel lokal, maka nama peraih Top 3 vendor ponsel terbesar di Indonesia ini gak boleh dilupakan. Pasalnya, pabrikan yang berpusat di Jakarta ini memang salah satu pabrikan ponsel pertama dan tertua di Indonesia. Mito pertama kali aku kenal memang lewat produk Smartphone-nya, ga tau lagi tuh punya produk selain Smartphone atau engga.

[caption id="" align="alignnone" width="585"]Mito Fantasy U A60 . Smartphone Asli Buatan Indonesia Mito Fantasy U A60. [Via][/caption]Konfirmasi soal pernyataanku dia awal paragraf, jadi menurut data yang dikeluarkan oleh International Data Corporation (IDC) dan dikutip dari The Jakarta Post, kini Mito Mobile sudah berada di posisi tiga teratas produsen ponsel lokal Indonesia. Hal tersebut semakin dibuktikan dengan keikutsertaan Mito Mobile baru-baru ini di ajang Mobile World Conference (MWC) di Barcelona yang diikuti oleh pabrikan ternama dunia. Nama Mito kini sudah dikenal sebagai brand Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional.

Nah, itu tadi list Smartphone Asli Buatan Indonesia, mari dukung dan terus produk-produk buatan indonesia, tapi bagaimana caranya? semua tentu punya cara masing-masing. hehe engga solutif yak. hahaha bodo ah....

Baca Juga :

  1. Vivo V7+ Kameranya Lebay banget?

  2. Galaxy S8 vs iPhone 8 : Mending beli yang mana nih?

  3. Cara Bedain iPhone Refurbished Lokal dengan Resmi Apple

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.