Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

E-commerce yang mendadak jadi poros jual beli online!

e-commerce merajalela, tidak bisa dipungkiri perkembangan era informasi di dunia sudah semakin pesat, segala hal dapat kita dapatkan hanya dengan sekali klik saja pada gadget kita. ga cuma informasi,  berbelanja pun kini bisa lakukan dari atas kasur saat kita terbangun pagi-pagi. Wow.


Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat perkembangan toko online khususnya di Indonesia seirama. Setidaknya ribuan nama domain baru bermunculan setiap hari,  ribuan iklan baris online dipasang tiap hari,  server melayani ribuan transaksi tiap hari. Pedagang terasa tak terbatas karna pembeli bisa datang darimana saja,  siapa pun,  kapan pun,  dan dimana pun.  Internet membuat komunikasi manusia jadi tampak tak terbatas.


Seiring dengan bermunculannya macam-macam online store,  saya ingin menjelaskan beberapa jenis dan contoh online store yang dapat anda temui di internet.


1.Retail Store


Retail adalah penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen.


Retail berasal dari bahasa Perancis yaitu " Retailer" yang berarti " Memotong menjadi kecil kecil" (Risch, 1991 ). Sedangkan menurut Gilbert (2003) Retail adalah Semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi. Dalam kamus Bahasa Inggris - Indonesia, Retail bisa juga di artikan sebagai "Eceran"


Jadi Retail Store adalah toko online yang menjual barang eceran,  contohnya


1. Matahari Dept.  Store
2. Walmart
3. Pasaraya Dept Store


2. Voucher/Diskon Store
Online Shop ini menjual berbagai macam voucher atau diskon untuk membeli barang dan jasa di toko asli.  Contohnya


1. Katalog Harga
2. Gila Diskon
3. Iprice Coupons / eVoucher Indonesia


3. Service Store


Service Store adalah toko oline yang menawarkan Jasa,  seperti Layanan Iklan Baris. Contohnya


1. OLX
2. stickearn.com
3. Tokopedia


4. Classified Store


Classified Store adalah toko online yang menjual barang dengan classified. Contohnya..


1. Bhineka
2. Rumah123
3. E-Kosan


Tapi intinya, Internet juga bisa jadi bumerang tersendiri untuk manusia,  jadi apapun toko onlinenya, tak jarang juga kita temui penipuan di internet,  oleh karena itu,  perlu juga kita sadari pentingnya berbelanja aman dan deteksi penipuan tersebut. Jangan memberikan identitas asli di Internet dan jangan mudah percaya dengan orang di internet, Ok Guys!  Selamat Berbelanja Online.


*Tarik Selimut,  tidur lagi*
Untuk Tugas E-Commerce ma'am Euis Siti ( @meatpdc)

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.