Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI GOOGLE

yak, apa kabar teman-teman... lama juga saya nggak nulis blog, kali ini nulis blog karena ada tugas lagi.. iya, Ibu Euis.. nyesel banget euy.. udah dua kali mangkir dari Pelajaran beliau, karena sakit. *ini dalam rangka alibi dan menjilat aja sebenernya, soalnya nanti link postingan ini akan di kirim ke beliau sebagai nilai tugas. aduh parah pisan euyy.... :)))

dalam tugas kali ini kami diminta untuk menjelaskan keunggulan atau fungsi-fungsi pada Google. tentu saat mendengar nama Google pasti yang keluar dalam pikiran kita langsung Search Engine, tapi sebenernya banyak sekali fasilitas yang dapat kita nikmati dari google.

Saya dulu bekerja di Kantoran, di kantor biasanya ada kegiatan kirim, mengirim surat. entah itu antar divisi, hingga antar kantor. karna jaman sudah berbasis teknologi yang udah maju, surat tak perlu lagi di print out, tapi dapat dikirim dalam bentuk dokumen atau pdf melaui email. nah, disini saya menikmati fasilitas google. yaitu Google Mail . layanan email google saya pikir lebih bagus dari yang lainnya, karena didalam google Mail, kita juga bisa menggunakan fasilitas keren lainnya yaitu Google Docs. jadi jika surat kita ada revisi, kita nggak perlu upload ulang surat/ dokumen tersebut (meskipun sizenya juga kecil). lebih praktis bila kita langsung edit secara online. nah, itulah keuntungannya... kita bisa pakai fasilitas Google Docs. lalu didunia yang mobile seperti sekarang ini, kita juga nggak perlu stay dikantor untuk urusan mengirim surat, kita hanya perlu membawa device yang connect dengan internet dan support dengan google. pada jam makan siang, kita bisa broadcast surat undangan rapat dengan cepat, karena ada device Google yaitu Android. menurut saya Android ini adalah OS yang sangat support dengan google, ya secara yang bikin emang google, apalagi dia motto hidupnya adalah freesource/opensource. anjiiirrrr itu keren banget... support banget buat kita-kita yang anak kost. kalo pakai iOS didikit-dikit applikasinya bayar, kecuali kalo di Jailbreak,   pengelolaan data di device apple juga susah, nggak seperti device Android. lalu dengan fasilitas Google Drive kita juga bisa menyimpan data kita secara online, bisa aja dibilang cloud hardisk ya... jadi kadang kalo kerja kantoran, template-template surat resmi saya upload di Google Drive, jadi kalo misalnya pak bos minta surat jalan, atau surat tertentu bisa langsung saya edit dengan Google Docs dan saya kirim surat dengan Google Mail.

Kekuatan Google nggak hanya disitu aja, disini ada yang suka download lagu atau applikasi? orang indonesia itu paling demen dengerin lagu. jadi mereka paling suka download lagu. saya pernah survey ke toko hape di ROXY, hampir semua counter yang melayani download lagu atau isi lagu, pakai jasa google. bukan hanya untuk search engine, tapi juga untuk download lagu. dimana? di 4shared. 4shared ini juga punya google, ehm, ya masuk dalam salah satu list website yang melayani akun google untuk loginnya.. kan google punya motto, satu email kesemua fasilitasnya. ibarat taman bermain, email google/ akun google itu tiket terusan untuk masuk/menikmati wahana-wahana yang disediakan. ada yang suka nonton video? nah, ada Youtube. itu punya google juga lho... ada yang suka nulis Blog atau artikel ? ini saya pake Blogger. ini punya Google juga... apalagi? ada yang suka main media sosial? ada Google Plus. dulu awalnya ada gplus saya masih inget tuh... facebook udah mau bangkrut, twitter lagi naik daun, nah Google Plus hadir sebagai penyain facebook, saat itu facebook hanya menyediakan fasilitas standart saja, media sosial dan chat. google plus lebih gila lagi, ada video call juga.. ada namanya Google Hangout. itu bisa converence. tapi saat itu memang pamor Facebook dimata orang indonesia sudah tinggi. sampe sekarang sih... 
facebook itu bencana sih buat indonesia sebenernya, sebelum ada facebook PNS mungkin masih giat bekerja, setelah ada facebook, semua pada sibuk ngembangin desa masing-masing di FarmVille, CityVille, atau main Poker, dsb. ini bukan salah facebook sih, salah orang indonesianya juga sih... ini kenapa jadi bahas PNS,balik ke postingan.. 
banyak sih, kalo mau dijelasin satu-satu juga nggak bakal kelar postingan ini, karena sampai sekarang google masih terus berkembang, kaya misalnya ada yang sering nyasasr butuh GPS, Google lagi mengembangkan Google Maps. walaupun sudah berfungsi dengan baik, google terus berinovasi untuk mengembangkan Applikasi peta ini, buktinya ada namanya Google Street. jadi kalian bisa lihat keadakan/kondisi jalan dengan pandangan panorama/360 derajat. jadi serasa emang ditempat itu. 

Fasilitas Google yang lain adalah, bisa cari banyak informasi, contohnya jadi kalkulator. 
bisa juga dijadikan converter 

bisa juga dijadikan alat pendeteksi IP sendiri.
bisa juga dijadikan jam, atau cek waktu suatu negara
bisa juga dijadikan patokan ramalan cuaca

jadi intinya google adalah applikasi atau fasilitas yang luarbiasa, bisa dijadikan apapun kecuali dijadikan pacar, apalagi calon istri, nggak bisa... kalo jomblo jangan ngarep segitunya juga kali... nah, ada satu yang saya heran dari orang-orang adalah, mereka sering menyebut Google dengan sapaan Om Google, atau Mbah Google, padahal kalo kalian tau, Google itu umurnya baru 15 tahun. dia itu kelahiran 1999. terus juga dalam mencari informasi, sebenernya juga bukan google yang jawab semua informasi kita, google hanyalah mesin pencari, jadi dia bantuin nyari aja. dia nggak sepintar apa yang kita pikirkan, google juga doyan becanda, iya... coba aja kalo nggak percaya...

1. Ketik 'Do a Barrel Roll!'
Ingin membuat Google sedikit bergerak agar Anda tidak bosan? Cobalah ketikkan 'Do a Barrel Roll' secara manual pada kolom pencarian ( jangan Copy-Paste ). Jika koneksi internet Anda bagus, saat pengetikan 'do a' saja google sudah bereaksi dengan bergerak memutar 360 derajat. Kunjungi www.google.com untuk mencobanya.

2. Ketik 'Google' secara terbalik
Salah satu keunikan Google yang sedikit orang mengetahuinya adalah bahwa Google dapat disajikan dengan tampilan terbalik seperti pada kaca. Sekarang Anda cukup mengunjungi elgoog.im pada laman web Anda.
Ketika terbuka Anda jangan terkejut karena tampilan Google yang terlihat terbalik seperti pada cermin, saat Anda mulai mencari semua kata yang Anda ketik beserta hasil pencarian akan terbalik. Elgoog merupakan kata Google yang dibalik.

3. Ketik 'Zerg Rush'
Istilah 'Rush Zerg' berasal dari sebuah game online tua bernama Starcraft, di mana ras Zerg dikenal karena kemampuannya untuk membanjiri, atau 'rush', lawan-lawan mereka untuk meraih kemenangan cepat. Ketika Anda mengetikkan kalimat di atas, dan kemudian muncul adalah hasil pencarian biasa. 
Namun beberapa detik kemudian, layar dibombardir oleh huruf 'o' dari Google yang jatuh dan menghilangkan setiap huruf pada google. Ini menjadi mini game, di mana Anda harus mengklik semua 'o' dan menghancurkan mereka sebelum mereka menghilangkan seluruh halaman. Meskipun Anda tidak bisa secara teknis menang, Anda dapat berbagi skor dengan orang lain.

5. Ketik 'anagram' atau 'recursion'
Bagi mereka yang suka humor, Google memiliki beberapa lelucon yang bekerja dalam rutinitas pencarian. Jika Anda mengetik anagram (kata atau kata-kata yang terbuat dari huruf yang sama dari kata lain) Anda mendapatkan saran: Nag a ram, yang berarti apakah Anda berarti seekor domba jantan yang cerewet? 
Namun jika Anda mengetikkan recursion, Google justru akan membenarkannya dengan kata yang sama, artinya tidak ada perubahan lain pada kata recusrsion


ya gitu aja sih, tentang google yang saya tau... hehehe sampai jumpa pada tulisan berikutnya :D

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.