Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nggak Umum

Jujur, tiap kali membuat tulisan ttg #SehariBercerita atau #RamadhanBercerita saya ngga pernah menentukan judulnya di awal, judul selalu saya buat, setelah tulisan selesai. Hehe.. Saya ngga pernah tau mau ngarah kemana, nggak pernah tau mau nulis apa, tapi saya memaksa. Eh, melatih diri buat menuangkan pikiran saya dalam tulisan.
Coba sih, kalian yg pengen ikutan program nulis rutin, kalo dimulai dari judul, mungkin kamu bakal bingung, stuck "duh, nulis apa ya?", "ah cerita apa yaah?", "kalo judulnya ini kurang bagus ah..", setelah 2 jam, akhirnya kamu nemu judul yg bagus. Semenit kemudian kamu gak jadi nulis, soalnya kekurangan Ide, hahaha.. Ya itu aku sih, mungkin ada yg sama gitu...

Tanpa sadar, keharusan menyelesaikan sesuatu sesuai urutan tadi itu mengingkari, menciderai Proses Kreatif kita. Ceeeeilaaah, menciderai... Ditekling dari belakang kali yeeeee...
Saya percaya, tiap anak itu terlahir kreatif cuman kadang proses belajar dalam pendidikan formatif kita bikin kreatifitas itu tumpul. Contohnya, ada anak dikasih kertas bergambar binatang badak, si anak ditugaskan untuk mewarnai. Si guru yg perhatian berkeliling melihat karya anak didiknya itu, lalu dia berhenti di seorang anak, anak tersebut terlihat sangat antusias mewarnai, namun guru itu melihat hal yang salah menurutnya, si anak yg sangat bersemangat ini, mewarnai badak dengan warna hijau. Sontak si guru menegur anak tersebut, "Kamu? Kok badaknya ijo? Nih lihat, badak itu warnanya abu-abu,nak.. Bukan ijo..".

Nah, ini nih.. Yang secara gak sadar bikin ga kreatif, menumpulkan kreatifitas anak. Pikiran anak tiap hari diplot, Badak Abu-abu, Gajah Besar, Jerapah Tinggi, aku ganteng, gitu. Padahal ngga harus... Akukan pengennya dibilang lucu & manis.. Ngga ganteng. #okeskip!

Plot-plot, kaya gini nih yang merusak otak perlahan (Terutama ngeplot kalo diri ganteng, tapi ga rasional), tanpa sadar saya juga masuk ke plot ini, jadi terkotak. Pernah suatu hari lagi di apresiasi kontes mewarnani, saya heran sama anak yg ngewarnai daun dengan warna ungu sama biru... Daun kok ungu. Udah gitu itu anak juara 1 lagi. Tambah heran.

Kreatif itu identik dengan bebas. Pekerjaan kreatif itu tergantung jiwa dan rasa. Puisi, Musik, Menggambar, Nulis dsb. Itu semua ga ada yang salah dan benar. Seni kreatif nggak ada pakemnya, dia itu bukan ilmu pasti kaya math. Dimana 1+1 pasti 2. Kalau dalam seni, ketika orang ditanya 1+1. Bisa aja jawabanya bermacam, sesuai rasa dia aja. Bebash deh pokoknya.

Jujur, saya ini korban plot gak jelas dari wajib sekolah 9 tahun. Butuh waktu lama buat keluar dari zona itu. Padahal saya ini udah hampir 3 tahun menekuni hal-hal berbau seni kreatif, Sound Engineering, Video Editing, dan Standup Comedy. Tapi baru sadar sekarang. Anak di cerita tadi ya, mungkin kalo ditanya kenapa Badak warnanya ijo dia bisa kasih alasan sesuai Rasa dia lho.. Dia bisa aja jawab, "auna baha ba djajajagsva" kebetulan dia belom bisa ngomong, itu tadi sekolahnya pre-school gitu. Hehe..
*ga ga becanda*

Mungkin bisa jadi si anak bilang "anu ini bu guru Badaknya Lagi sakit mual, makanya ijo". Nah... Atau kalo warnanya pink dia bisa jawab "anu ini badaknya lagi malu diliatin mulu". Gitu..

Nah, gimana? Udah liat perbedaan? Kerasa ngga kalo sekarang kita cuman ada didalam kotak? Kadang orang kreatif jadi minoritas, karna banyakan orang yg terplot daripada orang yang sadar kreatifitas. Orang kreatif jadi keliatan aneh. Karyanya diketawain sama orang kebanyakan, karna ga masuk akal mereka. Eh, coba deh kalo semua hal masuk akal, apakah kita ga masuk dalam kotak lagi? Justru ide kreatif dan inovatif itu terbentuk dari pemikiran ga masuk akal yg berhasil diproyeksikan ke dunia nyata. Jaman dulu ada orang bayangin kalo manusia bisa terbang. diketawain itu si Wright Bersaudara, sama orang-orang. Dibilang goblok. Karna ga masuk akal. eh tapi begitu bisa di realisasikan Bengong mereka tuh. Sekarang pesawat jadi salah satu transportasi paling diminati. Antar pulau, antar-benua..

Nah, jadi akhir tulisan gak nyambung dan kurang kreatif ini, saya mau bilang bahwa,
JANGAN RAGU BUAT BERMIMPI HAL YANG MUSTAHIL! WUJUDKAN!!
NGGAK ADA KATA TERLAMBAT BUAT KREATIF, KREATIF NGGA ADA WAKTU DAN BATASNYA. JUST DO IT!

#SehariBercerita Day 2

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.