Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Era Digital Indonesia

Era dunia digital sekarang, banyak orang yang udah kenal sosial media. Bahkan nenek buyut saya, yang (enggan urbanisasi, katanya ribet gitu deh,kak) tinggalnya di pedalaman aja punya akun facebook pribadi, padahal disana sinyal radio aja susah. Teknologi terbaru yang ada dirumah nenek buyut saya itu cuman satu, itupun diletakan dikamar mandi. Toilet Duduk. Awalnya beliau mau taruh diteras rumahnya gitu. supaya tetangga pada tau, ada kabar gembira buat mereka semua, sekarang buang air (ada ekstraknya. APASEH!! ) bisa sambil duduk. Ya kali aja.... kita setujulah. Akhirnya WC kita pindah di teras. Nenek buyutnya kita pindah ke kota. Hah! BIAS!!

Sangking pedalamannya, dirumah Nenek Buyut saya itu nggak ada TV. Begitu TVnya ada antenanya belom masuk. Antenanya masuk, TVnya ada, Sinyal UHF dihapus. Giliran antenanya ada, TVnya ada, Udah pake TV Kabel, Nenek Saya yang nggak ada. Ya begitulah ribet gitu..

Kita para anaknya cucunya nenek buyut saya, itu pernah inisiatif belikan TV buat nenek buyut, paling ngga supaya beliau ada hiburan dan nggak ketinggalan informasi. Tapi beliau menolak, nenek buyut saya memang angkuh, tapi kami tetap maksa beliau buat menerima Televisi pemberian kami, namun nenek buyut tetep aja menolak. Kami terus membujuknya, karna kami tau ini demi kebaikan nenek buyut juga gitu. Hingga si nenek mengeluarkan sebuah kata sederhana, dan kami pun diam sediam-diamnya. Kalimat pamungkas itu adalah.
"le, disini nggak ada listrik".
"......"
"Masak nasi saja nenek masih pakai arang".
"Setrika baju juga, nenek masih pakai setrika arang".
"Kalau bisa, lee... kamu belikan nenek, TV yang pake arang juga".

DUUUAAAAAAAARRRRRR!!!!!
Itu suara ringtone handphone bapak. Woles.. Bapak orang memang kaya begitu, suara itu diambil ketika beliau selesai menonton film koboy. Koboy junior. Junior high school. School of rock. Rock mamah. Mamah dedeh. Dedeh corbuzier. Zier an tunda. Tunda lapar. Lapar pak RT. RT mogok. Mogok kerja. Kerja rodi. Rodi selai. Selai kacang. Kacang cuter. (Se)Cuter matic. Matic apel. Apel pagi. Pagi-pagi rejeki. Rejeki pohon. Pohon maaf kalo gak jelas.

Selain bapak, Mamah juga ga jelas. Mamah dedeh, dedeh corbuzier, ... Oke!!
Nenek buyutku bukanya nggak mau dibelikan TV, listrik juga tinggal panggil PLN, nenek buyutku bilang katanya Acara TV sekarang kurang bermanfaat. Tiap acara tv nggak ada lagi esensi pendidikan. Semua asal hibur aja. Nggak ada nilai atau norma yang bisa kita ambil. Apalagi ya deket pemilihan capres ini Media Berita saling serang, Gossip dimana-mana. Jangankan gossip, iklan mastingut aja ada dimana-mana. Nilai kebudayaan hampir tidak ada. Orang-orang lebih suka nonton Putri yang tertukar, tukang bubur naik haji, Tukang Bubur naik Putri. Tukang bubur yang tertukar, Apalah banyak!

Terhibur sih, tapi apa iya ada nilai budaya yg bisa kita ambil. Nggaklah.. Apa?
Apa nilai positif yang bisa kita ambil dari tayangan televisi sekarang? Kulit manggis ada ekstraknya? *banting henpon*

Dengan kondisi pertelevisian indonesia yang seperti ini, apa yang pengen diharapkan oleh anak bangsa yang tiap hari nonton TV. Televisi itu emang meracuni. The Lie Vision. Isinya bohong semua. Yang bener mungkin soal Kulit manggis kini ada ekstraknya.. Bisa jadi.

Sekarang balik lagi ke kalian, kita udah masuk jaman era digital, penonton udah dituntut buat cerdas dan cermat. Tolok ukur cerdas dan cermat kamu nggak usah pakai kuis. Kita liat aja dari cara kamu memilah informasi. Keliatan kok, orang cerdas dan cermat memang menerima semua informasi, namun mencernanya kembali. Lainnya menerima informasi namun menelannya mentah-mentah. Saran saya mending dimasak dulu biar ga mentah gitu. Ya... Da...

#SehariBercerita yang ke 4.
Saya sadar, tulisan semacam ini emang sulit di review. Bacanya yang sabar ya..

Apakah Artikel Ini Bermanfaat?

Ayo, Dukung Mas Lanang supaya rajin ngonten bikin Tips and Trik atau artikel seputar ✅Digital Marketing, ✅SEO, ✅Desain, ✅Sosial Media

Lanang Agung
Lanang Agung Spesialis Ngulik semua hal yang berhubungan dengan kombinasi Visual dan Internet seperti, UI / UX Design, Development, Graphic Design, Photography, Video Editing dan Internet Marketing sejak 2009.